Harga Elpiji Kalimantan Tengah Melambung Tinggi

Minggu, 26 Februari 2017 | 21:14
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI. Foto: jawa pos

INDOPOS.CO.ID–Harga tabung elpiji 3 Kg di tingkat pengecer di Kabupaten Bartim, Kalimantan Tengah melambung tinggi. Padahal, pemerintah daerah melalui tim dan distributor resmi pertamina PT Barito Utama Sakti menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 19.500,- per tabung.

Data yang dihimpun, harga elpiji tingkat pengecer bervariasi. Seperti, untuk seputar kawasan Tamiang Layang ada yang mematok harga dari Rp 23 ribu sampai Rp 30 ribu per tabung. Belum lagi sejumlah pedagang pengecer di kawasan pelosok yang dari informasi mematok harga Rp 35 ribu per tabung.

Warga Matabu, Gazali Rahman mengatakan, naiknya harga elpiji subsidi tersebut dirasakan hampir dua pekan terakhir. Ia mengeluhkan, kenaikan harga elpiji bersumsidi dianggap membebani mereka yang hanya berpenghasilan pas-pasan.

”Mudahan jadi perhatian pemerintah untuk menindaklanjuti penertiban,” harapnya, saat diwawancarai Kalteng Pos, kemarin (25/2).

Di sisi lain, pedagang klontongan yang juga menjual eceran elpiji di Tamiang Layang, Lalang menyebutkan, naiknya tabung elpiji itu sudah dari penyuplai. Wanita yang memiliki tiga putra itu mengaku, menjual elpiji dengan harga Rp30 ribu per tabung. ”Kalau dari sana Rp26 ribu per tabung. Jadi cuma mengambil untung Rp2 ribu,”bebernya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Ampera AY Mebas mengungkapkan , bahwa HET elpiji 3 Kg itu telah mulai diberlakukan pemerintah melalui SK yang telah ditandatangani. Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut juga meminta teknis perdagangan lebih sigap untuk terjun ke lapangan melakukan pengawasan.

”Mungkin pasokan berkurang sehingga harga elpiji dinaiikkan pedagang. Tapi saya harap teknis perdagangan segera merespon guna menindaklanjuti di lapangan,”tandasnya.(log/ram/Kalteng Pos/JPG)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%