Maksimalkan Pendapatan, Dorong Perubahan SKK Migas Menjadi BUMN Khusus

Sabtu, 31 Desember 2016 | 10:45
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Direktur Indonesian Institute and Public Policy, Taufan Hunneman mengatakan dirinya tetap optimis pertumbuhan ekonomi akan positif pada 2017. Adanya infrastruktur yang selesai dan penanganan pelabuhan yang mampu menekan biaya logistik menyebabkan barang-barang kita kompetitif.

Taufan menyatakan, tahun depan harus terjadi peningkatan pendapatan dari sektor minyak dan gas (migas) dan salah satunya dengan mengelola sektor tersebut secara profitable. "Saya optimis pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 akan positif. Tahun depan harus terjadi peningkatan pendapatan dari sektor minyak dan gas (migas) dan salah satunya dengan mengelola sektor tersebut secara profitable," kata dia kepada Indopos di Jakarta, Sabtu (31/12).

Menurut Taufan, hal ini bisa di mulai dengan mendorong perubahan SKK Migas menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus untuk memaksimalkan hasil pendapatan di sektor migas.

Taufan menjelaskan bakal ada tiga keuntungan yang bakal didapat. Pertama, perubahan menjadi BUMN khusus diharapkan mampu menjalankan fungsi manajemen sesuai dengan good corporate governance. Kedua, dari segi investasi memberikan kepastian hukum atas legal entitas sebagai BUMN khusus. Terakhir dari sisi relasi dibangun berdasarkan prinsip bisnis to bisnis sehingga apabila dispute maka negara tdk secara langsung sebagai para pihak karena berorientasi bisnis sehingga orientasi bumn ini adalah menghasilkan profitable sehingga memaksimalkan pendapatan dan itu baik bagi penerimaan negara.

"BUMN khusus ini nanti diatur dalam Undang-Undang Migas yang dalam regulasinya tunduk kepada Kementerian ESDM, sebab hak mineral di tangan negara cq Kementerian ESDM dan secara manajemen di tangan Kementerian ESDM," terang dia..

Dengan perubahan SKK Migas menjadi BUMN khusus ini, ujar Taufan, sebagai perwujudan dari amanah konstitusi yakni pasal 33 UUD 1945 karena menyangkut soal kekayaan negara maka sangat tepat apabila yang melakukan pelaksanaan adalah BUMN khusus. (rmn)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%